PKL hari ke-5


Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi selamat beraktivitas semoga harimu selalu menyenangkan, dan selamat siang, selamat sore, selamat malam. Hari ini adalah hari ke -5 saya PKL di AKAKOM, hari ini saya bangun agak siang sih tepatnya pukul 05.00 WIB. Ya maklum lah anak 14 kamar mandi cuma dua jadi kan harus bangun pagi sekali. Hari ini kami sudah bersiap siap untuk menuju kampus, sebelum masuk gerbang kampus saya dan Nurdian membeli nasi kuning di depan kampus. Setelah itu kami masuk kampus dan langsung menuju lantai 3 untuk makan di atas dan sambil menunggu pintu ruangannya di buka, saya dan Nurdian membuang bungkus makanan yang telah kami makan, setelah itu kami masuk kelas dan duduk di bangku favorit.

Hari ini adalah hari senin, pengennya sih libur tapi kok masuk sih, hari ini juga jadwalnya presentasi tugas dari pak Kuindra yang kemarin. Nih ya aku kasih tau sedikit tapa yang akan di presentasikan.
    PENERAPAN CLOUD COMPUTING DAN CONTOHNYA
Pengertian cloud computing:
Secara umum,cloud computing (komputasi awan) merupakan sebuah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing. Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.
Jenis layanan cloud computing:
§  Software as a Service (SaaS) : Layanan yang menyediakan aplikasi jadi / siap pakai kepada End user. Ciri dari layanan ini adalah user tidak perlu membuat aplikasi, tidak perlu menyiapkan tempat dan juga infrastruktur. Contoh SaaS adalah gmail, ymail, facebook, twitter, dropbox. Atau yang berbayar seperti salesforce, office365, dsb.

 

§  Platform as a Service (PaaS) : Layanan yang menyewakan “tempat” untuk menjalankan aplikasi dari user. Tempat yang dimaksud seperti sistem operasi, database, framework, dsb yang merupakan wadah untuk berjalannya aplikasi. Ciri dari layanan ini adalah user tidak perlu melakukan maintenance dan tidak perlu menyiapkan infrastruktur. Sehingga user dapat tetap fokus membangun aplikasinya. Contoh Pass adalah Windows Azure, Amazon Web Service, GoogleApp Engine.



§  Infrastructure as a Service (IaaS) : Layanan yang menyewakan infrastruktur IT kepada user yang ingin membangun layanan cloud. Infrastruktur disini bersifat fisik, bisa berupa memory, penyimpanan, server, jaringan, dsb. Hal-hal seperti membuat aplikasi dan konfigurasinya diserahkan kepada user. Cloud provider hanya menyediakan infrastruktur berdasarkan request dari user. Ciri layanan ini adalah jika user ingin mengupgrade memory atau menambah server, user tinggal menghubungi provider kemudian provider akan menyediakan sesuai dengan permintaan. Contoh IaaS adalah Amazon EC2, Rackspace cloud.

 

Contoh layanan cloud computing:
ü  Google Keep adalah layanan pencatatan yang dikembangkan oleh Google . Diluncurkan pada 20 Maret 2013, Google Keep tersedia di web , dan memiliki aplikasi seluler untuk sistem operasi seluler Android dan iOS . Keep menawarkan berbagai alat untuk mencatat, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio. Pengguna dapat mengatur pengingat, yang terintegrasi dengan Google Now . Catatan dapat diberi kode warna, dan label dapat diterapkan untuk organisasi. Pembaruan selanjutnya menambahkan fungsionalitas pada pin notes, dan untuk berkolaborasi pada catatan dengan pengguna Keep lainnya secara real-time.
ü  Fungsi
1.      Merekam pemikiran anda melalui catatan, daftar dan foto.
2.      Rekaman suara tertranskripsi secara otomatis dan instan.
3.      Ada widget layarutama (homescreen) untuk merekam pemikiransecara cepat.
4.      Setiap catatan dapat diberi warna.e.Merubah catatan menjadi checklist dengan menambah cehckboxes.f.

 

Nah itu tadi, tapi pak Kuindra belum ada nih tapi aku juga gak tau mungkin masih sibuk. Tapi sambil menunggu saya tiba tiba tertidur karena semalam begadang sama doi, nggak kok bercanda akunya. Tapi beneran ini ngantuk banget, capek juga sih.

Hari ini tidak jadi presentasi  karena pak Kuindra mengizinkan untuk pulang lebih awal untuk merayakan tahun baru. Bila ada kesalahan dalam saya berkata atau menyinggung perasaan teman semua saya mohon maaf dan sampai jumpa besok lagi. Tunggu cerita selanjutnya dari saya ya, salam sayang dari arek PONOROGO.
Wassalamualaikum wr. wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GETHUK GOLAN PONOROGO

PKL hari ke-87

PKL hari ke-90