JENANG MIRAH MELEGENDA

    Jenang Mirah sudah ada sejak tahun 1955, kuliner legendaris Ponorogo ini banyak di jadikan oleh oleh. Teksturnya empuk dan tidak lengket sehingga menjadikan dodol khas Ponorogo berbeda dengan lainnya. Citarasa dari Jenang Mirah ini begitu khas, perpaduan antara manis dan gurih yang enak.

    Pembuat jenang Mirah ini ternyata seorang perempuan berusia 75 tahun, beliau bernama mbah Mirah. Awalnya mbah Mirah menjajakan jenangnya dengan jalan kaki untuk menarik para pelanggan, dari pasar hingga rumah ke rumah. Usaha jenang ini sudah berhasil mengangkat perekonomian warga di RT 01/RW 01 di Desa Josari, Kecamatan Jetis, Ponorogo. Sekarang usaha jenang ini sudah di turunkan kepada anak dan cucunya, bahkan cara pengolahannya masih sangat tradisional dengan memanfaatkan tungku dan juga kayu bakar. Bahan-bahan untuk membuat jenang ini adalah beras ketan, gula jawa, dan juga santan. Tepung beras ketan, dicampur dengan santan dan gula jawa kemudian diolah di atas tungku sampai warnanya kecoklatan dan menjadi jenang.

    Keunggulan dari jenang Mirah ini tidak menggunakan bahan pengawet di dalamnya, meskipun begitu saja bisa awet sampai berminggu-minggu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GETHUK GOLAN PONOROGO

PKL hari ke-87

PKL hari ke-90